Sabtu, 16 Oktober 2010

Kekurangan Mangan (Mn) pada Daun Hygrophlla sp(Ervaningsih 11413)



Kekurangan mangan ditandai dengan menguningnya bagian daun diantara tulang-tulang daun.  Sedangkan tulang daun itu sendiri tetap berwarna hijau.  Bagian yang menguning tersebut akan mati dan meninggalkan lubang-lubang berbentuk memanjang.  Kekurangan Mn sering terjadi sebagai akibat pemupukan Fe berlebihan sehingga menyebabkan Mn menjadi tidak tersedia.

Defisiensi Mn
Kekurangan mangan (Mn):
Kekurangan mangan ditandai dengan menguningnya bagian daun diantara tulang-tulang daun. Sedangkan tulang daun itu sendiir tetap berwarna hijau. Bagian yang menguning tersebut akan mati dan meninggalkan lubang-lubang berbentuk memanjang. Kekurangan Mn sering terjadi sebagai akibat pemupukan Fe berlebihan sehingga menyebabkan Mn menjadi tidak tersedia.


Gejala-gejala dari defisiensi Mn pada tanaman adalah hampir sama dengan gejala defisiensi Fe pada tanaman. Jaringan-jaringan pada bagian daun yang klorosis mati sehingga praktis bagian-bagian tersebut mati, mengering ada kalanya yang terus mengeriput dan ada pula yang jatuh sehingga daun tampak menggerigi. Defisiensi ter-sedianya Mn akibatnya pada pembentukan biji-bijian kurang baik. Unsur ini diserap dalam bentuk Mn+2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar