Rabu, 13 Oktober 2010

Defisiensi Unsur Pada Cabe (Hario Tomo 11464)



Gambar 1. daun tanaman cabe kekurangan N
Penyakit bercak serkospora disebabkan oleh cendawan Cercospora capsici yang  dapat  menyerang daun, tunas, bunga, batang,  dan bakal buah. Serangan yang terjadi pada pedisel dapat menimbulkan malformasi buah, yaitu buah tidak dapat berkembang, melainkan menjadi kerdil. Bercak berbentuk bulat melingkar dan bagian tengahnya berwarna abu-abu tua sedangkan bagian luarnya coklat



Gambar 2. batang Tanaman cabe kekurangan N
 Infeksi awal terjadi pada leher batang tanaman bagian bawah yang bersinggungan dengan tanah


Gambar 3.  Busuk Ujung Buah tanaman cabe kekurangan unsur Kalsium (Ca)
Busuk Ujung Buah, indikator kekurangan unsur Kalsium (Ca). Gejala awal dapat dilihat pada ujung buah yang belum matang terlihat berwarna kekuningan, selanjutnya akan menguning. Warna kuning tersebut akan berubah menjadi kecoklatan yang pada akhirnya akan menjadi warna coklat. Jaringan akan mengalami kerusakan dan akhirnya akan berkembang menjadi berwarna coklat tua kehitaman, efeknya buah akan cepat berubah warna menjadi merah pucat atau merah kekuningan dan akhirnya rontok. Kondisi ini tentu saja akan sangat mempengaruhi volume dan kualitas produksi yang dihasilkan tanaman, pada akhirnya akan menyebabkan kerugian, baik dari sisi volume dan kualitas produksi maupun dari sisi finansial dan keuntungan.

Gambar 4. Batang  tanaman cabe yang kekurangan unsur Boron (B)
Tanaman yang kekurangan unsur Boron (B), pertumbuhannya menjadi tidak normal dan akan terhambat. Terkadang sering dilihat adanya tanaman yang tumbuh di mana kedua batang berhimpitan namun tidak terpisah sempurna. Terjadinya retak pada batang, ruas pendek-pendek dan sebagainya. Kondisi yang tidak normal ini mempengaruhi daya berbuah tanaman menjadi kurang, terkadang banyak ditemukan buah dengan bentuk-bentuk yang tidak normal. Hal ini tentu saja akan berefek langsung dalam upaya dan usaha pembudidayaan tanaman.

Gambar 5. Daun tanaman cabe yang kekurangan unsur Magnesium (Mg),
Tanaman yang kekurangan unsur Magnesium (Mg), memperlihatkan gejala yang dapat dilihat pada daun. Daun seperti kehilangan warna hijau dan cenderung menguning, ditemukan bercak-bercak merah coklat sementara tulang daun dan sirip daun tetap berwarna hijau.


Gambar 6. Daun tanaman cabe yang kekurangan Nitrogen berupa penyakit tepung
Penyakit tepung disebabkan oleh cendawan Oidiopsis capsici. Gejala serangan ditandai dengan adanya lapisan tepung berwarna putih terutama menempel pada sisi bawah daun. Daun yang terserang menjadi pucat dan cepat rontok.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar