Minggu, 17 Oktober 2010

GEJALA KEKURANGAN PADA KACANG TANAH (Mila Laras S. 11461)





Deskripsi
1. Morfologi
a. akar : berbintil, terdapat bakteri Rhizobium
b. batang : herba
c. daun : majemuk, menyirip, lonjong, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, berbulu, hijau

Gejala kekurangan:

-          Nitrogen (N)
kekurangan unsur N pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil, mula-mula daun menguning  dan mengering  lalu   daun akan rontok dimana daun yang menguning diawali dari daun bagian bawah, lalu disusul daun bagian atas.
didalam tubuh tanaman nitrogen bersifat dinamis sehingga jika terjadi kekurangan nitrogen pada bagian pucuk nitrogen yang tersimpan pada daun tua akan dipindahkan ke organ yang lebih muda, dengan demikian pada daun-daun yang lebih tua  gejala kekurangan nitrogen akan terlihat lebih awal.
-          Kalium (K2O)

kekurangan unsur hara ini pertumbuhan terhambat,  batang kurang kuat  dan mudah patah, biji buah menjadi kisut, daun mengerut/kriting timbul bercak-bercak coklat lalu kering dan mati.

-          Magnesium (Mg)
kekurangan magnesium dapat menghambat sintesis protein dan mengakibatkan daun menjadi pucat (klorosis).

-          Fosfor
kekurangan fosfor pada tanaman mengakibatkan pertumbuhan terhambat atau kerdil dan daun menjadi hijau tua, tanaman tidak menghasilkan bunga dan buah, jika sudah terlanjur berbuah ukuranya kecil, jelek dan cepat matang.

-          Seng (Zn)
Kekurangan seng dapat menyebabkan klorosis, ruas pada bagian pucuk lebih pendek, pembentukan bakal buah terhambat atau tanaman tdak dapat sama sekali berbuah, pembentukan warna kuning diantara tulang daun.kemudian diikuti kematian pada jaringan daun, ukuran menjadi lebih kecil, sempit dan menebal.

-          Clorida
kekurangan  Cl biasanya menimbulkan pertumbuhan akar yang tertekan, daun layu dan berwarna kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar