Rabu, 13 Oktober 2010

Defisiensi Unsur Pada Jeruk (Rahman Alboneh 11338)

Berikut panduan singkat kekurangan unsur:

Mn – daun berukuran normal

N – secara umum, menguning seragam atau memudarnya daun tertua pertama. Tidak ada pola untuk itu.

P -- tidak pernah terlihat di jeruk, tetapi pada tanaman lain, keunguan atau kemerahan bentuk pigmen pada daun tertua pertama. Kekurangan ini tidak terlalu terlihat pada jeruk, jeruk hanya tidak menunjukkan gejala yang baik.

K -- Jarang terlihat di jeruk. Daun Tertua mati, dimulai di ujung dan sepanjang tepi distal. Terlihat agak seperti garam terbakar, tetapi secara unik pada dedaunan tertua.

S -- seperti N, menguning, tetapi selalu dimulai dengan dedaunan termuda pertama.

Ca -- Tidak ada gejala di daun jeruk
Mg -- Selalu pada daun tertua pertama. Pusat bawah daun berwarna hijau, dan ujung sisi berwarna kuning atau oranye, membuat bentuk "v" terbalik atau "pohon Natal" pada bagian hijau, karena zigzag dengan pembuluh darah.

Fe -- daun pertama terlebih dahulu. Daun menguning, tetapi vena tetap hijau. No green borders around the veins; only the veins themselves remain green. Tidak ada batasan  hijau di sekitar pembuluh, hanya pembuluhnya tetap berwarna hijau.

Mn -- like Iron, newest leaves first. Mn – seperti gejala kurang Besi, daun pertama terlebih dahulu. Daun  menguning, urat hijau, dengan batas hijau di samping pembuluh darah, sehingga strip hijau lebih luas dibandingkan dengan gejala kurang Fe. Daun tumbuh menjadi ukuran normal.

Zn -- seperti Mangan (daun kuning, urat daun hijau dengan batas hijau, selalu daun terbaru), tapi daunya kerdil.

Cu - besar, keriput, daun biru-hijau tua yang terlihat seperti yang terbuat dari plastik. Batang merunduk aneh, dan mengembang melepuh yang akhirnya meledak, mengeluarkan perdarahan berupa getah.
B – daun tidak menampakan gejala, tetapi Albedo (bagian putih dari kulit buah) menjadi coklat atau abu-abu, sekarat dengan bercak-bercak.
Mo -- Leaves develop bright yellow, circular spots about 1/8-1/4" across. Rare. Mo - Daun menjadi kuning terang, bintik-bintik lingkaran berdiameter sekitar 1/8-1/4", akibat kelangkaan Mo.

1 komentar: